Ilmu Kelautan - Meteorologi laut

Sejarah Perkembagan Meteorologi Sejarah Perkembagan Meteorologi

>pd 500 SM Hippocrates: Pengaruh iklim terhadap kesehatan manusia.
>pd 350 SM Aristotle: Kompendium (ikhtisar) pertama, terdiri dari empat buku dengan judul ”METEROLOGICA”.

>pd 100 SM bangsa Yunani, Romawi, Cina dan Korea membuat catatan tentang cuaca: khususnya tentang hujan dan angin.


Sejarah Perkembagan Meteorologi-2

>W. Merle (1337-1344): melakukan observasi cuaca secara sistematis dan kontinu selama 7 thn, meskipun bersifat subyektif atau kualitatif tanpa adanya pengukuran (observasi).
>pada thn 1612 pertama kali diketemukan alat meteorologi pengukur suhu: TERMOMETER oleh GALILEO Galilei. & juga menemukan teleskop sehingga berkembanglah ilmu astronomi bahkan penemuan sunspot (bitik matahari), serta dapat memperkuat pendapat Copernicus tentang heliosentris serta matahari berotasi pada porosnya.

Sejarah Perkembagan Meteorologi-3

>pada thn 1643 diketemukan sebuah alat pengukur cuaca kedua pengukur tekanan udara: BAROMETER oleh Torricelli,berkat bimbingan Galileo Galilei.
>pada thn 1655  J. Mayow menemukan bhw udara merupakan campuran  dari beberapa unsur, penemuan ini menjadi inspirasi bagi peneliti2 berikutnya untuk mengungkap keheterogenan atmosfer (udara).
pada thn 1660 penyusunan hukum tentang permasalahan GAS oleh BOYLE

Sejarah Perkembagan Meteorologi-4

>pada thn 1750 J. Black membuktikan bahwa teori MAYOW, berhasil mengisolasi CO2 dari udara.
?pada thn 1780 Giliran 3 ilmuwan Rutherford, Priestley dan Scheele berhasil membuktikan teori MAYOW, mengisolasi oksigen dan nitrogen dari udara.
>pada thn 1896 Ramsey dapat membuktikan untuk yg ketiga kalinya teori MAYOW dengan berhasil mengidentifikasi  ARGON dalam udara.

Sejarah Perkembagan Meteorologi-5

>pada thn 1710 Gabriel Fahrenheit membuat skala & satuan pengukuran suhu udara dan diabadikan sebagai skala Fahrenheit.
>pada thn 1731 Rene Reamur membuat skala & satuan termometer, diabadikan sebagai skala Reamur.
>pada thn 1742 Anders Celcius membuat skala & satuan termometer untuk yang ketiga dan diabadikan sebagai skala Celsius.
>pada thn 1850 Lord Kelvin menemukan skala dan satuan termometer yang keempat dengan nilai absolut dan mempermudah proses perhitungan karena tanpa nilai minus, diabadikan sbgai satuan internasinal utk suhu didalam KELVIN

Sejarah Perkembagan Meteorologi-6

>pada thn 1749 Wilson untuk pertamakalinya melakukan sebuah observasi udara atas.
>pada thn 1783 Montgolfier menangkap ide Wilson & dapat mempermudah observasi atas, balon udara panas pendorong untuk melayang ke atas.
>pada thn 1784 Charles memperbaharui penemuan Montgolfier dengan isi balon HIDROGEN, suatu gas yang paling ringan, dan lebih lama bertahan pada ketinggian yang lebih tinggi untuk observasi dibandingkan balon udara panas.

Sejarah Perkembagan Meteorologi-7

>Awal abad ke-19 Tiga ilmuwan Loomis (USA), Leverrier (Perancis) dan Brandes (Jerman) mengembangkan konsep peta cuaca sinoptik.   Peta sinoptik membutuhkan data2 scr regional bahkan global & simultan.  Hal ini didukung oleh penemuan telegraph oleh Morse (1840) sehingga memungkinkan pertukaran dan pengiriman data dari berbagai lokasi secara cepat 
>pada thn 1917 V. Bjerknes (Norwegia) membuat formulasi teori polar front
>949 empat ilmuwan: Von Neuman, Charney, Phillips dan Thomson mengembangkan model-model numerik dengan komputer berkecepatan tinggi.
>pada 1 April  1960 diluncurkan satelit cuaca pertama: TIROS I.

Sejarah Perkembagan Meteorologi

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment